Memahami Pentingnya Asupan Sumber Lemak Nabati bagi Kesehatan

Banyak sekali asupan nutrisi dan gizi yang harus kita penuhi sehari-hari melalui menu masakan harian. Seperti sumber lemak nabati sebagai asupan yang memiliki fungsi khusus dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lemak jenis ini tergolong tidak jenuh, sehingga baik bagi kesehatan.

Makanan dan minuman sehari-hari yang mengandung lemak tidak jenuh dibagi menjadi dua macam yaitu nabati dan sumber lemak hewani dengan masing-masing memiliki kebutuhan porsi berbeda. Tentu pada dasarnya semua harus seimbang, termasuk dengan asupan nutrisi lainnya. 

Komposisi Sumber Lemak Nabati

Sumber makanan lemak nabati terdiri dari beberapa jenis lemak dalam bentuk minyak. Tidak sepenuhnya sehat, beberapa minyak yang dihasilkan dari tumbuhan juga mengandung lemak jenuh. Misalnya saja kelapa sawit.

Selain lemak jenuh, beberapa makanan sumber lemak nabati juga termasuk lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Contohnya minyak jagung, minyak almond, minyak zaitun, dan minyak sunflower seeds.

Fungsi Lemak Nabati bagi Kesehatan

Banyak sekali fungsi dan manfaat konsumsi sumber lemak nabati dalam jumlah cukup setiap hati. Beberapa di antaranya:

  • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Selain dikonsumsi umum, wanita hamil dan anak-anak lebih mungkin menderita kekurangan vitamin jika asupannya tidak dijaga. Oleh karenanya, penting memperhatikan rutinitas konsumsi sumber lemak satu ini demi memenuhi nutrisi yang dibutuhkannya.

Konsumsi lemak nabati membantu meningkatkan nutrisi vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan vitamin K. Kamu bisa menambahkan minyak sayur ke dalam makanan sehari-hari dalam porsi cukup. 

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebagian besar minyak nabati membantu membuat makanan lebih lezat dan bergizi, didukung oleh profil asam lemak yang unik. Konsumsi lemak nabati pada tingkat yang tepat bisa bantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

Hal ini disebabkan kandungan asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak esensial seperti omega 6 dan omega 3. Contohnya, menambahkan minyak kedelai ke dalam makanan akan mengurangi kemungkinan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Dari sekian banyak sumber, contoh sumber lemak nabati berupa minyak dari kacang tanah dan minyak almond menjadi sebagian bahan yang kaya akan vitamin E serta lemak omega 3. Asupan omega 3 dan vitamin E yang tepat bisa menjadi kombinasi yang baik untuk menjaga fungsi dan menjaga kesehatan otak. 

Omega 3 bantu membentuk mielin, selubung lemak yang melindungi saraf dan mempercepat transmisi sinyal saraf.  Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Mengontrol Kadar Kolesterol

Berikutnya, manfaat lain dari kandungan minyak nabati yang merupakan sumber lemak tak jenuh seperti minyak biji anggur, minyak wijen, juga minyak sunflower seeds bisa membantu menurunkan kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) dan mengontrol kadar kolesterol total dalam darah ke tingkat yang lebih sehat.

Dengan demikian, ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga mampu secara maksimal melakukan berbagai fungsi fisik.

  • Melindungi Organ-Organ dalam Tubuh

Selain menyimpan energi dalam tubuh, lemak nabati juga memiliki banyak fungsi lainnya berupa berperan sebagai bantalan untuk melindungi organ-organ penting, menghangatkan tubuh dan membantu fungsi sel.

Berhubungan pada sistem kekebalan tubuh dan membutuhkan lemak yang membantu menciptakan hormon penting. Tanpa lemak yang cukup, tubuh kamu bisa dapat melakukan semua fungsi penting ini.

Masih banyak fungsi dan manfaat lainnya bila menjaga asupan sumber lemak nabati setiap hari. Pemilihan jenis bahan dengan kandungan lemak nabati tersebut pun lebih baik diperhatikan, serta menyesuaikan kondisi dan kebutuhan tubuh yang berbeda-beda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *