Begini Cara Alami Agar Rahim Sehat Dan Subur!

Sebagai salah satu organ reproduksi, rahim merupakan organ yang sangat penting karena menjadi wadah tumbuh kembang janin. Karenanya, bagi kamu yang ingin memiliki momongan wajib menjaga kesuburan organ reproduksi. Kabar baiknya, banyak sekali cara agar rahim sehat dan subur yang dapat kamu coba dengan mudah di rumah.

Ciri-ciri Rahim Sehat dan Subur 

Fungsi utama rahim adalah menjadi tempat janin tumbuh dan berkembang hingga siap dilahirkan, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan rahim. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk melihat rahim kamu sehat atau tidak. Beberapa indikator tersebut antara lain: 

  • Siklus menstruasi normal terjadi setiap bulan dengan rentang durasi pendarahan 2-8 hari.
  • Keputihan normal memiliki ciri berwarna bening, tekstur seperti lendir, dan tidak berbau. Jika menempel pada kain dan mengering akan berwarna kekuningan, jumlah cairan keputihan yang keluar sebanyak 2-5 ml per hari. 
  • Nyeri menstruasi normal dengan gejala rasa nyeri ringan, berlangsung selama 12-72 jam, rasa nyeri terasa 1-2 hari sebelum haid atau hari pertama haid, dirasakan perut bagian bawah, punggung, dan pinggang. Rasa nyeri berlangsung hilang seiring siklus menstruasinya berakhir. 
  • Memiliki berat badan ideal, berat badan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon, obesitas bisa menyebabkan gangguan sistem reproduksi. 

Cara Alami Agar Rahim Sehat dan Subur 

Menjaga kesehatan organ reproduksi tidak jauh dari menjaga pola hidup sehat dan pola makan, jika kamu menerapkan 2 hal ini tidak hanya rahim saja yang sehat, bonusnya seluruh tubuh pun akan mendapatkan manfaatnya. Untuk itu kamu bisa mencoba tips di bawah ini agar rahim sehat dan subur:

1. Menjaga kebersihan vagina

Vagina merupakan pintu penghubung antara rahim dengan lingkungan luar, menjaga kebersihan vagina merupakan kunci menjaga kesehatan rahim. Vagina yang tidak dibersihkan dengan benar rawan terinfeksi jamur dan keputihan. Jika kondisi ini dibiarkan bisa menimbulkan masalah reproduksi yang lebih serius. 

Oleh sebab itu bersihkan bagian dengan benar, jika perlu gunakan ramuan alami seperti rebusan daun sirih, atau menggunakan sabun khusus vagina. Setelah buang air kecil jangan lupa untuk menyeka vagina dengan handuk bersih dan biasakan sering mengganti celana dalam. 

2. Stop minuman beralkohol 

Minuman beralkohol bisa mengurangi kesuburan wanita. Sampai saat ini belum ditemukan jumlah pasti kadar alkohol yang aman untuk dikonsumsi tanpa mempengaruhi kesehatan. Jadi, jika kamu ingin punya rahim sehat stop konsumsi alkohol sekarang juga. 

3. Rutin mengonsumsi sayuran 

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, tauge, kangkung, brokoli, dan kubis menjadi makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani promil. Selain kaya serat dan vitamin, sayuran tersebut juga kaya akan asam folat, zat besi, dan zinc yang sangat bagus untuk kesuburan. 

4. Mengonsumsi buah-buahan

Rutin mengonsumsi buah-buahan selain enak ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan. 

Contohnya saja jeruk, di dalam jeruk mengandung antioksidan tinggi, kaya vitamin C, asam folat, kalium dan kalsium sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas sel telur, melancarkan siklus ovulasi dan menstruasi.

Buah lain seperti alpukat kaya akan kandungan vitamin K yang bisa membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dan menjaga hormon tetap seimbang. 

5. Mengurangi lemak trans 

Lemak trans bisa juga disebut lemak jenuh atau lemak jahat. Selain tidak baik untuk kesehatan jantung 31% wanita yang sering mengonsumsi lemak trans mengalami sulit hamil. Lemak jahat ini banyak ditemui dalam makanan yang digoreng dan junk food. 

6. Mengurangi konsumsi kafein 

Terlalu banyak mengonsumsi kafein seperti kopi bisa meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh yang bisa memicu penyakit fibroid rahim (daging tumbuh non kanker). Jadi, batasi konsumsi kafein harian kamu jika ingin memiliki rahim yang sehat dan subur. 

Ada banyak sekali cara agar rahim sehat dan subur, salah satunya adalah menjaga pola makan. Jika kamu merasa usaha yang dilakukan kurang, sah-sah saja melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk program hamil yang tepat. Nantinya dokter akan meresepkan suplemen dan vitamin yang baik untuk meningkatkan kesuburan dan menguatkan rahim agar kamu lekas memiliki buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *